Picture

Picture
welcome

Minggu, 26 Mei 2013

Makalah_Go Green with BNI


Makalah Sumber Daya Alam





‘Save our environment, Save our generation’
(Menyelamatkan lingkungan kita, menyelamatkan generasi kita)

Di susun oleh :
Nama         : Wenty Febrianti
NIM     : 1002500494


STIE MUHAMMADIYAH JAKARTA

Kampus Minangkabau / Malam

  1. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kepedulian lingkungan merupakan salah satu fokus area utama. Sejumlah inisiatif telah dirancang untuk mempromosikan kepedulian lingkungan kepada masyarakat. Bank Negara Indonesia (BNI), sebagai bank pertama milik pemerintah Indonesia, memiliki rasa tanggungjawab yang mendalam untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perbaikan lingkungan, dengan memfasilitasi kegiatan kesadaran terhadap lingkungan. Oleh karena itu BNI turut serta dalam menerapkan program Go Green ini. BNI Go Green merupakan program untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penyelematan bumi dari pemanasan global (global warming), serta mendukung pogram Pemerintah RI untuk mengurangi emisi karbon 26%. Ada beberapa alasan kepedulian BNI terhadap penyelamatan bumi ini melalui program Go Green antara lain :
a)  BNI Go Green tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kepedulian BNI terhadap lingkungan hidup tetapi juga sangat bermanfaat bagi keberlanjutan perusahaan (sustainable business) dalam melaksanakan konsep 3P (People, Planet, Profit).
b)    BNI Go Green merupakan salah satu upaya untuk memenangkan persaingan karena pada masa yang akan datang isu lingkungan hidup menjadi isu utama dalam persaingan bisnis termasuk perbankan.
c)    BNI memberikan value (nilai) pada stakeholder dengan menjadi bank yang peduli pada isu-isu pembangunan berkelanjutan.

Sampai saat ini BNI telah mendukung berbagai upaya pelestarian alam, antara lain melalui program penghijauan berupa pembangunan hutan kota, program pembibitan tanaman keras, rehabilitasi lahan kritis, pemanfaatan renewable energy dan lain-lain.

Beberapa penghagaan yang diraih BNI dalam bidang sustainability business:
·   Indonesia Green Company (IGC) dari Majalah SWA dan SRI (Sustainable and Responsible Investment) Kehati (Keanekaragaman Hayati) Award 2012
·         Sustainable Bank of the Year, Sustainable Finance Award 2011, dari Financial Time - International Finance Corporation, London.
·     Penghargaan Platinum kategori Sosial, Indonesia CSR Award 2011 - Social Investment & Sustainable Development (Program Hutan Kota BNI Banda Aceh), dari Kementerian Sosial RI
·         Juara I - Inovasi PKBL BUMN terbaik, Anugrah BUMN 2011, dari Kementerian BUMN
·         Penanaman dan Pemeliharaan pohon terkait Gerakan Satu Miliar Pohon, dari Menteri Kehutanan RI

Bank ini mulai berani melakukan proses edukasi kepada para pengambil kredit agar mereka lebih peduli dengan lingkungan dan kalau proses edukasi sudah mencapai suatu titik tertentu, BNI 46 tidak akan ragu untuk menerapkan kepedulian lingkungan dalam persyaratan pemberian kredit. Yang menarik juga adalah BNI Go Green ini bisa menjadi payung untuk berbagai kegiatan komunikasi pemasaran BNI 46. Kampanye mengenai electronic delivery channel tidak lagi hanya terbatas untuk menunjukkan bahwa bank ini juga punya fasilitas yang tidak kalah dengan para pesaingnya, tapi juga menunjukkan sebagai bentuk penerapan go green tersebut. Artinya BNI hendak mengartikulasikan bahwa pemakaian electronic delivery channel bukan sekedar bagian dari gaya hidup modern tapi juga gaya hidup seperti yang sudah dijelaskn diawal yaitu peduli kepada people dan planet.

Dalam era horizontal marketing, konsistensi dalam menunjukkan kepedulian pada people dan planet akan menjadi modal untuk mudah di-confirm oleh konsumen yang kian peduli dan kritis untuk melihat sejauh mana sebuah brand itu peduli pada people dan planet. Jadi, sekalipun BNI Go Green ini belum langsung berkontribusi melonjakkan performa bisnis BNI 46, tapi sudah punya peran signifikan dalam membentuk karakter baru bank ini dan sekaligus mulai membentuk gaya hidup modern dan peduli pada people dan planet. 
  1. PEMBAHASAN
Adapun kegiatan yang dilakukan BNI dalam menerapkan Go Green ini adalah sebagai berikut :
1. Pelestarian Alam
Fokus BNI dalam mendukung pelestarian alam diwujudkan melalui beberapa kegiatan program pada tahun 2011 sebagai berikut:

a.    Pembangkit Listrik Pico Hidro
BNI mendukung program Pemerintah mendorong tingkat elektrifikasi di Indonesia melalui teknologi tepat-guna pembangkit listrik pico hidro. Bekerja sama dengan Indonesia Institute for Energy Economic, BNI mengembangkan pembangkit listrik pico hidro berkapasitas 2 KW untuk masyarakat terpencil di Desa Mekarjaya, Kawasan Cagar AlamGunung Simpang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Program Biogas Rumah BNI mendukung pelaksanaan program BiRu (Biogas Rumah) di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, dengan mendonasikan 40 unit biogas digester. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.

b.    Program Kali Ciliwung Bersih
Program Kali Ciliwung Bersih bertujuan untuk membersihkan lintasan sungai Kali Ciliwung dan dikerjakan secara sukarela oleh beberapa kelompok komunitas masyarakat, dimana dana bantuan dari BNI dipergunakan untuk menyediakan peralatan pengangkut sampah sungai serta memberdayakan penduduk setempat untuk aktif mengelola kebersihan Kali Ciliwung. Community development (CD) saat ini sudah menjadi bagian dari komitmen korporat untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, Saat ini, corporate social responsibility (CSR) telah berada dalam dimensi baru dimana Perusahaan secara proaktif menanamkan investasi yang baik ini dan memberikan nilai sosial untuk semua usaha bisnis mereka. Program CSR ini menawarkan inisiatif kegiatan lingkungan kepada masyarakat bantaran Sungai Ciliwung di wilayah Bogor melalui konsep non-formal namun tetap melibatkan pihak-pihak pemerintah daerah terkait. Salah satu wujud kesadaran lingkungan berupa kemampuan masyarakat bantaran sungai untuk mengetahui pentingnya ekosistem sungai di lingkungan tempat tinggalnya dan mencoba mengembangkan ide-ide kreatif untuk mengurangi masalah pencemaran sungai di wilayahnya. BNI mendukung kegiatan antara ICSD (Indonesia Center for Sustainable Development), KPC (Komunitas Peduli Ciliwung) dan LATIN (Lembaga Alam Tropika Indonesia) untuk menyelenggarakan program CSR : Gerakan Peduli CIliwung dengan memberikan peralatan daur ulang sampah plastik (mesin pencacah beserta motor roda tiga sebagai pengangkut sampah) dan memberikan bantuan peningkatan capacity building masyarakat di wilayah Bogor.

c.    One Billion Indonesian Tree
BNI bekerja sama dengan Paguyuban Budiasi mendonasikan 500 ribu bibit tanaman keras untuk dipergunakan oleh komunitas dan masyarakat Jawa Barat bagi rehabilitasi lahan kritis melalui penanaman pohon. Donasi bibit tanaman tersebut merupakan bagian dari partisipasi BNI untuk mensukseskan program penghijauan One Billion Indonesian Tree (OBIT) yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu.

d.   Taman Kota dan hutan kota
BNI bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kota Banda Aceh mengembangkan Taman Kota Trembesi BNI Banda Aceh, sebuah fasilitas hutan dan taman kota seluas 1,5 hektar yang berlokasi di kota Banda Aceh. Selain di Banda Aceh, BNI juga telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Universitas Udayana untuk mengembangkan hutan-hutan kota untuk mendukung terciptanya ruang terbuka hijau di perkotaan yang bermanfaat secara ekologis dan sosial. Pembangunan Hutan Kota BNI merupakan program kegiatan yang didasari akan kesadaran terhadap pentingnya ruang terbuka hijau yang memiliki manfaat dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup. Selain hal tersebut, program ini juga untuk mengedukasi masyarakat bahwa hutan kota tidak hanya bermanfaat secara ekologis tetapi juga member manfaat sosial dan ekonomi apabila dikelola dengan baik.

e.    Earth Hour 2011
BNI mendukung pelaksanaan Earth Hour 2011 dengan memadamkan lampu di Gedung BNI dan Wisma BNI pada tanggal 28 Maret 2011, antara pukul 20.30 sampai 21.30 WIB. Earth Hour merupakan program global yang diprakarsai oleh WWF (World Wide Fund for Nature) dalam upaya membantu mengurangi dampak pemanasan global melalui penghematan pemakaian listrik.

f.     Penyelamatan Orang Utan
BNI menjalin kerja sama dengan Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF) dalam rangka menyelamatkan primata langka Orang Utan Borneo di habitatnya, bagi kepentingan lingkungan maupun generasi mendatang. Selain mendonasikan dana untuk mengadopsi Orang Utan, BNI juga mengundang partisipasi nasabah kartu kredit BNI untuk menukarkan point reward kartu kredit mereka sebagai dana untuk mengadopsi Orang Utan di BOSF.

2. Program E-Billing
Saat ini BNI card center memiliki layanan praktis dan ramah lingkungan yang mendukung gerakan Go Green yang bernama E-Billing. E-Billing merupakan fasilitas pengiriman lembar tagihan melalui alamat email nasabah secara otomatis setiap bulan nya. Tujuan dari program E-Billing ini adalah untuk penghematan kertas yang di gunakan untuk mengiprint lembar tagihan kredit nasabah. Adapun keuntungan dari program E-Billing adalah sebagai berikut :
-          Untuk memperoleh informasi tagihan lebih cepat
-          Informasi tagihan dapat dicetak sesuai kebutuhan
-          Terjamin kerahasiaan nya

  1. KESIMPULAN
Dengan dukungan dari BNI ini, baik secara langsung maupun tidak langsung turut menciptakan Kesadaran Hijau untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik, dan hal ini sesuai dengan motto BNI Go Green.

  1. PENUTUP
Demikian makalah ini dibuat sebagai informasi mengenai penerapan Go Green yang dilakukan oleh BNI. Semoga dengan adanya makalah ini pengetahuan kita sebagai mahasiswa mengenai pelestarian lingkungan semakin bertambah. Dan kita sebagai mahasiswa semakin sadar betapa penting nya menjaga dan melastarikan alam. Kritik dan saran dari pembaca sangat membantu dalam penyempurnaan makalah ini dikemudian hari nya. Terimakasih.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar: